(WASPADA) 3 Tahun Lagi, Jakarta Bakal Amblas!!!

September 15, 2009 pukul 9:20 pm | Ditulis dalam berita | 1 Komentar
Tag: , ,

jakarta, dkiJakarta terancam ambles tahun 2012 mendatang, atau sekitar 3 tahun ke depan, akibat penyedotan air tanah yang berlebihan. Penurunan permukaan tanah 10 cm/tahun.

Penyedotan air tanah yang berlebihan terutama dilakukan kalangan industri, perhotelan, rumah sakit, dan lainnya, sehingga mengancam kelestarian tanah di ibukota.

“Ini harus dihentikan. Setidaknya Gubernur Fauzi Bowo harus berani menindak tegas terhadap pengusaha yang menyedot air tanah jor-joran,” tegas Maringan Pangaribuan, anggota DPRD DKI Jakarta, Minggu (13/9).

Data yang dikantongi DPRD saat ini setidaknya ada sekitar 3.800 penyedot air tanah di wilayah ibukota. Hanya saja pengawasan yang dilakukan unit terkait yakni Badan Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) DKI Jakarta sangat lemah.

Menurut Maringan, sudah saatnya pemda mencari jalan keluar agar penyedotan air tanah bias dikendalikan. “Bila dibiarkan akan berbahaya,” sambungnya.

Peny Susanti, kepala BPLHD DKI Jakarta, mengaku sejauh ini pihakya sudah mengecek terhadap penyedot air tanah yang berlebihan. “Penerapan sanksi juga diberlakukan dengan tegas. Bahkan penyedot air tanah illegal akan didenda sampai dengan Rp5 miliar,” ujarnya seraya tak menampik setiap tahun di Jakarta terjadi penurunan permukaan tanah.

Cara lain untuk mengendalikan penyedotan air tanah adalah menaikkan tarif air tanah.

Tarif air tanah kini sudah dinaikkan hingga Rp8.800/m3. Malah untuk kalangan niaga seperti pabrik dan perhotelan Rp23 ribu per meter kubik.

Selain menyebabkan penurunan permukaan tanah, penyedotan juga menyebabkan mudahnya air laut masuk ke daratan (intrusi). Hingga kini air laut sudah menyusup sampai 11-12 km dari garis pantai.

sumber

Sedih gue Ngedengernya, semoga nggak terjadi… SadSad

1 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. iet.. gawat keliwat-liwat… mudah-mudahan tidak amblas separah itu dan semua baik-baik saja… salam amblas..

    sedj
    http://sedjatee.wordpress.com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: